Inilah Pebedaan Search Engine Google, Bing, dan Yahoo, Yang Harus Anda Ketahui

Bing, Yahoo dan Google adalah situs mesin pencari yang sangat banyak digunakan untuk mempermudah berbagai aktifitas. Dari segi kinerja, ketiga situs ini memiliki fungsi crawling and indexing dan providing answer. Sehingga diluar segala perbedaanya, ketiga webstie tersebut memiliki kemiripan. Agar lebih jelas dalam memahaminya, berikut ini adalah pembahasa perbedaan Bing Vs Yahoo Vs Google secara lebih detail.

Bing merupakan search engine yang belum sepopuler Google dan Yahoo untuk jangkauan netter Indonesia. Dari segi usia, Bing juga masih terbilang baru karena diluncurkan hanya 4 tahun lalu. Selama 4 tahun tersebut, Bing mengalami perubahan nama sebanyak 3 kali yaitu Live Search, Windows Live Search, serta MSN Search. Tampilannya pun agak berbeda setiap mengalami perubahan nama. Dari faktor itulah masih banyak orang Indonesia yang belum memanfaatkan situ ini.

Kelebihan dari Bing sebagai search engine adalah dari segi kecepatan. Tidak heran, Bing dirancang langsung oleh Microsoft sebagai salah satu perusahaan terbesar di bidang IT. Bukan hanya untuk mencari sebuah kata kunci yang merujuk pada artikel, tetapi akses pencarian videonya pun memiliki kecepatan tinggi. Kecepatan sistem Bing Videoscukup banyak menyita perhatian netter yang suka melakukan streamming. Hal ini dapat dicapai oleh Bing karena pengintegrasian buffering dalam direktori Bing Videos yang dilakukan sekejap dengan jentikan jari menuju kotak pemutar video prioritas.

Berbeda dengan Bing, Google masih menempati peringkat pertama search engine yang dimanfaatkan masyarakat dunia dan khususnya di Indonesia. Dari segi usia, Google memang sudah memasuki masa keemasan. Selain lebih senior, ada beberapa pilihan pencarian yang bisa diklik pada bagian kata kunci meliputi web, images, videos, book, maps dan news. Selain itu, terdapat juga layanan Google translate bagi pengunjung yang ingin menerjemahkan suatu bahasa.Website yang dibuat oleh Larry Page dan Sergey Brin ini memiliki beberapa keunggulan lain seperti vitur audio Google translate dan pencarian berdasar gambar pada Google image. Tidak hanya itu, pengembangan Fitur Knowledge Graph di bagian kanan search page juga semakin menambah nilai plus dari Google.

Sementara itu, Yahoo! dengan warna ungu khasnya menjadi website search engine paling tua karena sudah diluncurkan tahun 1995 oleh Jerry Yang dan David Filo. Meskipun pada akhirnya tidak menjadi search engine nomor satu di dunia, tetapi masih banyak keistimewaan Yahoo! seperti Fitur Interest Graph Search serta berbagai berita di halaman utamanya. Jadi, jika tampilan Bing identik dengan nuansa alam dan Google putih polos, Yahoo! terlihat lebih meriah karena netterbisa tahu berita apa yang sedang hits saat ini.

Berikut ini deskripsi singkat mesin-mesin pencari tersebut.

GOOGLE
Awalnya, nama Google muncul akibat kesalahan eja dari kata Googol, yang berarti angka satu yang diikuti 100 angka nol. Ini menunjukkan ambisi kedua pendiri, Larry Page dan Sergey Brin, untuk mengelola sebanyak mungkin informasi di dunia. Layanan mesin pencari ini terkenal dengan tampilan halaman putih dengan tulisan logo berwarna-warni. Google memiliki layanan pencarian kata kunci audio, gambar, video, peta, berita, dan instant search. Perusahaan ini juga mengembangkan Knowledge Graph, yang berupa kotak pada sisi kanan laman pencarian.

Kelebihan Search Engine Google :

  • Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
  • Lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
  • Tampilan yang sederhana.
  • Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cache. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
  • Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.

Kekurangan Search Engine Google :

  • Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.

BING 
Berbeda dengan Google yang serba putih, layanan mesin pencari milik Microsoft ini selalu memasang latar belakang foto alam yang menakjubkan. Diluncurkan empat tahun lalu, layanan ini sempat berubah nama tiga kali, dari Live Search, Windows Live Search, hingga MSN Search. Bing menampilkan pencarian untuk link situs, gambar, video, dan berita. Namun tidak ada fitur seperti Knowledge Graph.

Kelebihan Search Engine Bing :

  • Mempunyai fasilitas instant answer. Fasilitas ini merupakan salah satu inovasi performa yang berhasil dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam sistem sehingga memampukan Bing memberikan jawaban.
  • Hasil pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring secara detail. Apabila pengguna melakukan pencarian situs atau halaman web yang berisi konten image, maka Bing mampu menyajikan daftar hasil pencarian secara spesifik dan detail.
  • Kotak detail pada link hasil pencarian. Jika pada situs-situs mesin pencari lainnya, pengguna harus mengklik link yang ditampilkan di halaman tersebut untuk mengetahui isinya. Namun, pada Bing ini, pengguna tidak perlu mengklik link lagi, tetapi hanya perlu mengarahkan kursor pada link tersebut untuk menampilkan kotak detail. Melalui kotak detail inilah pengguna dapat menyimak sekilas informasi tentang link tersebut.
  • Bing.com ini mesin pencari yang sangat complet, semua yang Anda cari pasti ada.
  • Sistem filternya bisa kita aktif kan ataudi non aktifkan, jadi anda bisa membuka situs yang diblokir.

Kekurangan Search Engine Bing :

  • Tidak dapat berhitung.
  • Fiturnya tidak lengkap.
  • Bing.com kurang di minati oleh pengguna. d. Bing.com kurang cepat dalam pencariannya.

 

YAHOO!
Yahoo! sempat menjadi raja situs pencarian lewat tampilan direktori saat diluncurkan pada 1995. Didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo, Yahoo! sempat identik dengan Internet itu sendiri dan menjadi portal pertama yang dikenal banyak orang. Pada 2009, setelah tersalip Google, Yahoo! menjalin kerja sama dengan Bing sebagai mesin pencari. Mulai Februari tahun ini, manajemen Yahoo! merombak mesin pencarinya dan mengembangkan Interest Graph Search, yang muncul pertama kali dalam bentuk berbeda, yaitu fitur newsfeed di laman utama.

Kelebihan Search Engine Yahoo :

  • Paling lengkap dibanding search engine yang lain.
  • Lebih mudah diakses dibanding search engine yang lain.
  • Menyediakan yellow page dan peta.
  • Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
  • Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
  • Fiturnyanya yang komplit.
  • Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.

Kekurangan Search Engine Yahoo :

  • Software pendukungnya masih kurang.
  • Loading yang lama.

 

Sumber :

https://tekno.tempo.co

http://optimaweb.co.id

https://www.wikipedia.org/

 

Leave a Reply